Headlines News :
Home » » Tim Penilai Puji, SD N 7 Jimbaran Siap Juara Lomba Perpustakaan

Tim Penilai Puji, SD N 7 Jimbaran Siap Juara Lomba Perpustakaan

Kamis, 3-11-2011, 09:19

Kuta Selatan -Kekaguman terhadap penyambutan yang dilakukan oleh SD Nomer 7 Jimbaran jelas tampak terlihat dari raut wajah para Tim Penilai Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten Badung pada hari Senin, 31 Oktober 2011,  minimal itu tertangkap jelas dari Dre@ming Post yang meliput di lapangan.

Tepat pada jam 09:09 Wita tim penilai tiba di depan SD N 7 Jimbaran, pada barisan terdepan tampak Bu Asri, Spd Sd sebagai kepala sekolah serta didampingi oleh beberapa Tim Pendamping seperti Bu Losni Kepala SD N 4 Jimbaran, dan lain-lain. Dua siswa dengan berpakaian adat agung membawa kewangen yang diberikan kepada tim penilai. Senyum membias dari para tim penilai atas sambutan ini, melewati barisan siswa yang mengular membentuk pagar betis dengan nyanyian " ....selamat pagi bapak, selamat pagi ibu, selamat pagi kami ucapkan, salam...salam ... terimalah salam dari kami yang ingin maju ......." para tim penilai pun ikut bertepuk tangan. Sampai ruangan tempat diselenggarakannya acara demi acara yang tertata apik.

Pembawa acara menyebutkan susunan acara sebagai berikut:  Pembukaan, Tari Sekar Jepun, Koor Anak-Anak Sd N 7 Jimbaran, Pembacaan Doa, Laporan Kepala Sekolah SD N 7 Jimbaran, Dirangkai Dengan Memperkenalkan Tim Pendamping Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten Badung, Penyerahan Profil Oleh Kepala Sekolah Kepada Bapak Ketua Tim Penilai Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten
Badung, Sambutan Ketua Tim Penilai Lomba Perpustakaan Tk Kabupaten Badung, Penilaian Lomba Perpustakaan, Penutup (Santap Siang, Tari Manuk Rawa,Tari Gendang Giram).

Tari sekar jepun yang disajikan dan ditarikan dengan sempurna oleh anak-anak SD Nomer 7 Jimbaran yang disambut tepuk tangan para hadirin dilanjutkan dengan Koor yang dipersembahkan dengan menarik membuat acara ini terkesan entertain.

Dengan berakhirnya koor dilanjutkan dengan doa yang dibawakan oleh guru SD N 7 Jimbaran dengan lantunan mantra yang di padu pembacaan dengan penekanan pada akurasi dan makna doa itu membuat para hadirin bisa berdoa dengan kidmat.

SD N 7 Jimbaran didirikan tahun 1981 yang saat ini mempunyai 10 orang guru dengan 7 orang guru negeri dan 3 orang guru honor serta 6 kelas rombongan belajar, begitu di sampaikan ibu kepala sekolah dalam sambutannya. Wanita keibuan dengan kulit putih berkaca mata ini menjadi kepala sekolah yang ketiga pada tahun 2010. Beliau menggaris bawahi bahwa lomba perpustakaan ini bukan tujuannya hanya menang belaka tapi terlebih dari itu dengan adanya lomba ini sekolah menjadi terpacu dan terpicu untuk memajukan perpustakaan sehingga siswa dan akademisi sekolah rajin belajar menimba ilmu sehingga bisa memajukan bangsa ini. Bu Asri begitu nama panggilan ibu karismatik dengan nama lengkap Ni Made Asri SPd. Sd mengatakan bahwa acara yang terlaksana pada hari ini mendapat sokongan dana dari hotel Intercontinental, Lurah jimbaran dan donatur lainnya.

Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua tim penilai yang diawal sambutannya memuji Tarian Sekar jepun yang ditarikan anak SD yang terletak di sebelah barat SMP N 1 Kuta Selatan ini .

"Tarian yang ditarikan dengan cukup baik oleh anak-anak ini menunjukkan keberhasilan pendidikan yang sesungguhnya" begitu cetus Pria berkaca mata ini. 

Beberapa parameter Lomba Perpustakaan ini adalah:
  1. Adanya dana pendorong untuk kelangsungan operasioanl perpustakaan termasuk penyediaan internet dan teknologi sehingga wawasan lebih luas dan terbuka.
  2. Ruangan, harus adanya ruangan yang memadai besar atau kecil.
  3. Sarana dan prasarana, seperti rak, locker, koleksi buku minimal 1000 judul, dan lain-lain.
  4. Papan pengumuman, untuk memberi info pada pembaca.
  5. Anggaran, 20% dari anggaran operasional sekolah dan dana pendukung
  6. Tenaga Pengelola, yang menjaga kerapian dan kebersihan perpustakaan.
  7. Koleksi, majalah, buku, gambar, dan lain-lain.
  8. Layanan operasional, jika terdapat pertanyaan atau pengembangan perpustakaan.
  9. Susunan Pelaksanaan, atribut dan serba-serbi kegiatan perpustakaan.
 Ketua tim penilai diakhir sambutannya mengatakan : "Wah ternyata SD ini siap menang juga nih......"

Penilaian pun dilaksanakan dimana semua Tim penilai dan Tim Pendamping memasuki perpustakaan, tampak tim penilai bertanya segala hal yang berkaitan dengan kriteria diatas sembari memberikan tanda rumput pada lembaran yang dibawanya. 

Bu Asri tampak memantau semua kondisi tim penilai dan pendamping sambil menjawab pertanyaan dari tim penilai jika di butuhkan.

Di bagian belakang perpustakaan tampak berkumpul para siswa yang sedang sibuk membaca segala bacaan. Ketua tim penialai meminta siswa untuk menceritakan bacaannya. Salah seorang siswa bernama Teresia dengan fasih bercerita tentang macam-macam kucing.

Setelah sekitar 1 jam mengadakan penilaian, akhirnya penilaian selesai di lakukan. Tim penilai, pendamping, para siswa, termasuk kami Dre@ming Post kembali ketempat pelaksanaan acara untuk diadakan acara penutupan. Sambil santap siang para hadirin di hibur dengan Tari Manuk Rawa dan Tari Gendam Giram.

Setelah santap siang tim penilai pun meninggalkan SD No. 7 Jimbaran sembari berjabat tangan mereka berpamitan untuk melakukan penilaian di SD N 4 Ungasan dan SD N 7 Ungasan. Sempat juga ketika kami dari Dre@ming Post di salami oleh Tim Penilai, kami bertanya kira-kira SD N 7 Jimbaran dapat juara nggak?. Di jawab dengan senyuman seraya guratan kepuasan di wajah penilai dan beranjak pergi.


I Wayan Arjawa, ST
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

Top News

Wanita Ini Kritis setelah Lawan Penjambret di Seminyak

Korban pejambretan dirawat intensif di IGD RSUP Sanglah, Sabtu (24/12/2016). DENPASAR - Tangis Eris dan keluarganya tak mampu lagi ter...

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kuta Selatan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen