Headlines News :
Home » » Dibangun 3 Meter di Atas Laut, Tol Nusa Dua-Benoa Dijamin Aman

Dibangun 3 Meter di Atas Laut, Tol Nusa Dua-Benoa Dijamin Aman

Senin, 30 Juli 2012 06:49

Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) mengklaim proyek tol atas laut yang menghubungkan Nusa Dua-Ngurah Rai-Tanjung Benoa dikerjakan oleh para ahli-ahli yang handal. Walaupun jalan tol itu dibuat hanya 3 meter dari permukaan laut namun akan tetap aman bagi kendaraan yang melintasinya.

Public Relations Officer PT Jasa Marga Bali tol, Drajad H Suseno mengatakan, faktor jaminan keamanan dan keselamatan dari proyek ini sudah diperhitungkan.

"Kalau air laut ke atas jalan itu tidak mungkin, karena sudah kita perhitungkan kalau air laut cuma 2,4-2,5 meter itu paling tinggi. Sekarang jembatan itu dibangun lebih di atas 2,5 meter, itu relatif aman. Oleh para ahli geoteknik sudah diperhitungkan. Menurut data teknik, ilmu apa perairan itu saya lupa, tertinggi itu air laut 2,4 meter. Kita bangun antara 3 meter di atas laut, jadi aman," ungkap Drajad saat dihubungi detikFinance, Minggu (29/7/12).

Sebelum dibangun, Drajad menuturkan proyek ini sudah dipelajari terlebih dahulu melalau feasibility study (FS) dan basic design, kemudian setelahnya langkah detail engineering design dilakukan oleh para ahli dari ITB, UGM, Puslitbang dan beberapa ahli konstruksi lainnya.

"Jadi sebelum dibangun itu ada basic design, kemudian dikembangkan menjadi detail engineering design ada panel ahli, dari UGM, ITB, Puslitbang, itu pakar-pakar dari konstruksi," papar Drajad.

Drajad mengatakan, setelah proyek ini rampung, tidak serta merta bisa dioperasikan langsung, melainkan harus melewati beberapa langkah terlebih dahulu.
"April selesai konstruksi pasti ada uji kelayakan, dari tingkat kelicinan, kerataan, rambu-rambunya, sampai memenuhi Standar Pelayanan Minimun (SPM), kalau itu sudah terpenuhi baru bisa dioperasikan, sekitar Juli
2013," tandasnya.

Menurunya proyek ini merupakan kebanggaan yang luar biasa. Pasalnya, selain akan menjadi proyek tol yang sangat indah, ini juga dikerjakan oleh anak bangsa Indonesia sendiri.

"Ini yang membanggakan, resource-nya dalam negeri. Betul-betul karya anak bangsa," pungkasnya.

Proyek tol sepanjang 12 Km ini akan membentang di atas laut yang menghubungkan Nusa Dua-Ngurah Rai-Tanjung Benoa. Ditargetkan akan beroperasi pada bulan Juli tahun depan untuk menekan tingkat kepadatan kendaraan di jalan non tol nya.

Dari kajian awal, tarif yang akan dikenakan untuk kendaraan roda 4 adalah senilai Rp 10.000. Uniknya, tol ini pun mengizinkan motor melintas, dengan tarif sebesar Rp 4.000.

sumber : detik
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

Top News

Wanita Ini Kritis setelah Lawan Penjambret di Seminyak

Korban pejambretan dirawat intensif di IGD RSUP Sanglah, Sabtu (24/12/2016). DENPASAR - Tangis Eris dan keluarganya tak mampu lagi ter...

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kuta Selatan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen