Headlines News :
Home » » Wisman dan Puluhan PKL Bersihkan Sampah di Kuta

Wisman dan Puluhan PKL Bersihkan Sampah di Kuta

09/04/2011 19:59

Wisman Pun Ikut Bersihkan Sampah di Kuta


KUTA - Ratusan personel Kepolisian Resor Kota Denpasar dan Kepolisian Sektor Kuta, Bali, pada Sabtu (9/4/2011) pagi melakukan aksi bersih-bersih Pantai Kuta. "Kuta bukan hanya milik warga Kuta, tetapi kami juga merasa memiliki Kuta sehingga perlu perhatian lebih," ungkap Kepala Polsek Kuta Ajun Komisaris Gede Ganefo pada acara tersebut.

Ganefo mengatakan, aksi membersihkan pesisir Pantai Kuta ini tidak hanya terkait pemberitaan media Time yang sempat menyinggung soal sampah di Kuta, tetapi merupakan kegiatan rutin kepolisian yang dialihkan ke Pantai Kuta. "Polisi setiap Jumat juga memiliki kegiatan bersih-bersih rutin di tiap polsek masing-masing dan ini sekaligus memindahkan para personel untuk membersihkan pantai," katanya.

Kegiatan membersihkan pantai dari sampah-sampah kiriman maupun sampah pantai ini dilakukan oleh sekitar 500 personel yang terdiri atas Polsek Kuta, Polresta Denpasar, Polair Kuta, Balawista, serta Bendesa Adat Kuta.

Aksi para personel polisi yang memunguti sampah di sepanjang Pantai Kuta itu pun juga menyita perhatian wisatawan asing. Beberapa wisatawan itu pun turut membantu memunguti sampah plastik maupun sampah organik.

Seperti Gainy, wisatawan asal Australia, menurut dia aksi polisi ini sangat bagus karena tidak hanya peduli dengan kejahatan, tetapi juga lingkungan. "Ya sangat bagus. Dan saya ikut membantu karena saya juga kan bermainnya di pantai ini. Jadi untuk kebaikan kita bersama," katanya.

Selain memunguti sampah yang tersebar di sepanjang pantai, ratusan personel polisi ini juga menggali pasir-pasir pantai untuk mencari sampah-sampah yang tak terlihat.
  
Puluhan PKL Dikerahkan Bersihkan Sampah

Kuta - Satgas pengelola Pantai Kuta, Bali, mengajak para pedagang kali lima yang mencari nafkah di pantai itu membantu petugas Dinas Kebersihan (DKP) mengangkut sampah kiriman, Sabtu (9/4). Seperti telah diberitakan, puluhan ton sampah setiap harinya dalam sebulan terakhir ini, seolah tak kunjung hentinya mengotori Pantai Kuta yang menjadi ikon pariwisata Bali di mata dunia

Setiap paginya para pedagang dikumpulkan untuk diberikan arahan terkait penanganan sampah yang dinilai jadi penyakit pariwisata. Semua pedagang sebelum menjajakan barang dagangannya kini diharuskan ikut bergotong royong membersihkan pantai. Pasalnya, selama ini mereka mendapatkan nafkah dari keindahan Pantai Kuta yang selalu didatangi para wisatawan. Bahkan turis asing pun mengancam akan pergi dari Bali bila masalah sampah tidak ditangapi serius oileh pemerintah setempat.

Kepala Dinas DKP Kabupaten Badung mengakui adanya berbagai kendala dalam penanganan sampah kiriman. Selain terbatasnya armada truk pengangkut sampah juga jauhnya jarak dan macetnya lalu lintas truk yang membawa sampah untuk dikirim ke tempat pembuangan.
 
sumber : liputan6, kompas
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

Top News

Wanita Ini Kritis setelah Lawan Penjambret di Seminyak

Korban pejambretan dirawat intensif di IGD RSUP Sanglah, Sabtu (24/12/2016). DENPASAR - Tangis Eris dan keluarganya tak mampu lagi ter...

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kuta Selatan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen