Headlines News :
Home » , , » Sama Dengan Pendapatan Pengemis, Penghasilan Petani di Bali?

Sama Dengan Pendapatan Pengemis, Penghasilan Petani di Bali?

“Income petani di Bali yang mengelola lahan seluas 1 hektar itu sama dengan pendapatan pengemis jalanan yang mencapai Rp 3 juta perbulan,” jelas Windia dengan nada menyindir. Gbr Ist
DENPASAR - Membicarakan nasib petani di Bali, tidak akan jauh-jauh dari persoalan kemiskinan dan ketidakpastian masa depan.

Kegelisahan tersebut, begitu keras disuarakan oleh Prof Wayan Windia sebagai dosen pengajar di Fakultas Pertanian Universitas Udayana, saat mendiskusikan Peran Strategis Pertanian Di Bali yang dilangsungkan di gedung UPT Koperasi dan UMKM di Jalan Tukad Yeh Penet, Senin (9/3/2015).

“Income petani di Bali yang mengelola lahan seluas 1 hektar itu sama dengan pendapatan pengemis jalanan yang mencapai Rp 3 juta perbulan,” jelas Windia dengan nada menyindir.

Windia mengatakan, pertahunnya alih fungsi lahan pertanian di Bali mencapai 750 hektar. Hal ini berdampak juga pada sistem irigasi yang dimanfaatkan untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), hotel dan rafting.

“Petani Bali sudah jelek, sakit, miskin dan petani terancam bangkrut,” ujarnya.

Lebih lanjut ia sampaikan, selain terjadinya alih fungsi lahan tanda-tanda kebangkrutan petani sudah mulai tampak dalam sumbangan sektor primer yang terus menurun mencapai 19 persen.

Bahkan nilai tambah dari sektor pertanian hanya Rp 2,5 juta perbulan.

“Itu baru pendapatan petani perbulan, belum lagi beban pajak, harga jual gabah yang tak menentu. Dan enggannya anak-anak muda untuk menjadi petani,” terangnya.







propinsibali.com_____
sumber : tribun
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

Top News

Wanita Ini Kritis setelah Lawan Penjambret di Seminyak

Korban pejambretan dirawat intensif di IGD RSUP Sanglah, Sabtu (24/12/2016). DENPASAR - Tangis Eris dan keluarganya tak mampu lagi ter...

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kuta Selatan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen