Headlines News :
Home » , , » Koplak, Dapat Rp 24 Juta, Minta Rp 50 Juta

Koplak, Dapat Rp 24 Juta, Minta Rp 50 Juta

Menurut dia, pendapatan Rp24 juta tiap bulan tersebut adalah pendapatan kotor. Idealnya setiap bulan wakil rakyat di Renon mendapatkan jatah sekitar Rp50 juta. "Ya, Rp50 juta. Itu baru ideal. Sekarang terlalu kecil," kata Dewa Rai yang pada periode 2009-2014 ini duduk sebagai Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Bali. Gbr Ist
DENPASAR - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali periode 2014-2019 meminta kenaikan gaji per bulan dalam upaya mendukung kinerjanya.

Anggota DPRD Provinsi Bali Dewa Nyoman Rai Adi di Denpasar, Kamis (11/9), mengatakan bahwa kenaikan jatah bulanan tersebut dipandang penting karena selama ini pendapatan para anggota Dewan jalan di tempat. "Selama ini (gaji) itu-itu saja. Gaji pokok ditambah tunjangan, kira-kira hanya Rp24 juta," ujar Dewa Nyoman Rai Adi yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Bali.

Menurut dia, pendapatan Rp24 juta tiap bulan tersebut adalah pendapatan kotor. Idealnya setiap bulan wakil rakyat di Renon mendapatkan jatah sekitar Rp50 juta. "Ya, Rp50 juta. Itu baru ideal. Sekarang terlalu kecil," kata Dewa Rai yang pada periode 2009-2014 ini duduk sebagai Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Bali.

Dewa Nyoman Rai membandingkan pendapatan anggota Dewan di Renon dengan daerah-daerah lainnya. Ini ironis, padahal sebagai daerah pariwisata justru biaya hidup di Bali relatif cukup tinggi dibandingkan daerah lain. "Coba lihat daerah-daerah di luar Bali, seperti di Jawa Timur. Anggota Dewan dapatkan (gaji) tinggi, sementara biaya hidup mereka jauh lebih kecil dibandingkan dengan Bali," ucapnya.

Yang paling dekat, imbuh Dewa Nyoman Rai, pendapatan para wakil rakyat justru jauh lebih kecil daripada penerimaan para kepala dinas di lingkungan Pemprov Bali. "Kami bukan iri, tetapi ini juga harus dipertimbangkan sebab selama ini para kepala dinas juga gajinya lebih tinggi daripada gaji dewan," ujarnya.

Hal yang takkalah penting, menurut Dewa Nyoman Rai, gaji yang kecil justru memberikan celah bagi dewan untuk mencari jalan lain dalam menambah penghasilannya. Itu sebabnya, wakil rakyat perlu diberikan penghasilan yang tinggi.

Dengan demikian, kata dia, mereka akan fokus meningkatkan kinerja dan tidak mencari-cari celah untuk mengeruk uang rakyat. Sebelumnya, anggota DPRD Provinsi Bali Nyoman Parta tak menampik gaji anggota DPRD Provinsi Bali terlalu kecil jika dibandingkan gaji DPRD provinsi lain, termasuk jika dibandingkan dengan beban tugas yang diemban selaku wakil rakyat.

Selama menjabat anggota DPRD Bali periode 2009-2014, Parta mengaku mendapat total gaji ditambah tunjangan lainnya rata-rata Rp24 juta. Itu pun belum termasuk biaya perjalanan dinas yang didapat anggota Dewan setiap kali melakukan kunjungan kerja (kunker) atau konsultasi ke luar daerah yang berkisar Rp3 juta hingga Rp4 juta per keberangkatan.

"Sekitar Rp24 juta kotor. Itu pun belum dipotong ke partai, Gatriwara (Gabungan Istri Wakil Rakyat), operasional fraksi, dan lain-lainnya," kata Parta yang terpilih kembali sebagai anggota DPRD Provinsi Bali.


sumber : NusaBali
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

Top News

Wanita Ini Kritis setelah Lawan Penjambret di Seminyak

Korban pejambretan dirawat intensif di IGD RSUP Sanglah, Sabtu (24/12/2016). DENPASAR - Tangis Eris dan keluarganya tak mampu lagi ter...

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kuta Selatan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen