Headlines News :
Home » , » Warga Perbaiki Rumah, Puting Beliung `Mengerikan` di Bali Terbentuk di Langit Denpasar

Warga Perbaiki Rumah, Puting Beliung `Mengerikan` di Bali Terbentuk di Langit Denpasar

Puluhan rumah warga rusak diterjang angin puting beliung yang melanda Denpasar Selatan, Bali. Peristiwa ini terekam video amatir warga.
Puting Beliung `Mengerikan` di Bali Terbentuk di Langit Denpasar


Denpasar : Puting beliung dengan kecepatan sekitar 30 kilometer per jam menerjang sejumlah titik di Bali pada Rabu siang. Menyebabkan sejumlah baliho dan atap bangunan rusak di kawasan Kuta, Pemogan, Sesetan, dan Denpasar Selatan.

Puting beliung itu datang secara tiba-tiba, tak bisa diprediksi. "Denpasar yang tadinya cerah dan panas tiba-tiba muncul pergerakan awan. Sekarang cuaca menjadi hujan berawan," kata dia.

Made Kris menambahkan, puting beliung tersebut berdurasi 3 menit. "Sifat puting beliung memang durasinya yang tak panjang, sekitar 3-5 menit. Puting beliung adalah sebutan lokal, aslinya adalah tornado mini. Tornado dalam skala kecil," tambah dia.

Ia minta warga Bali tidak panik. "Jangan percaya isu, yang penting waspada. Karena puting beliung tak akan terjadi setiap hari."

Seluruh Indonesia, di manapun ada perbedaan massa udara panas dan dingin, berpotensi untuk terjadi tornado mini. "Terlebih wilayah pantai," kata dia.

Terkait akibat, Made Kris mengakui pihaknya menerima laporan beberapa kerusakan rumah di Pemogan dan wilayah lain. "Beberapa rumah atapnya roboh, cukup acak-acakan. Puting beliung bergerak cenderung lurus," kata dia.

Bagaimana dengan kondisi Bandara Ngurah Rai? "Putih beliung berjarak 2 km dari bandara. Tidak terkena," kata dia.

Puting beliung menerjang Dusun Dukuh Tangkas. Sejumlah rumah di kawasan Pemogan, Sesetan, Jalan Pulau Moyo, dan sekitarnya mengalami kerusakan di bagian atap dengan genteng-genteng yang berjatuhan.

Beberapa gudang di kawasan itu juga mengalami kerusakan terutama kaca-kacanya yang pecah. Sejumlah baliho berukuran besar ambruk, serta beberapa mobil mengalami pecah kaca.

Belum diketahui adanya korban jiwa. Namun kerugian material akibat peristiwa itu diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Dahsyatnya Puting Beliung di Bali Terekam Kamera Warga


Denpasar : Puluhan rumah warga rusak diterjang angin puting beliung yang melanda Denpasar Selatan, Bali. Peristiwa ini terekam video amatir warga.

Kuatnya angin menerbangkan sejumlah benda terutama atap rumah warga yang terbuat dari seng. Sejumlah atap bangunan porak poranda diterjang angin puting beliung tersebut.

Akibat peristiwa ini, sejumlah atap bangunan dan plafon rumah milik warga hancur. Selain itu, angin juga merusak sejumlah sanggah atau bangunan suci Hindu milik warga.

Menurut warga, kejadian tersebut berlangsung cepat dan angin bergerak terus menuju arah selatan. Tak ada korban jiwa akibat terjangan puting beliung ini tapi kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Pasca-Puting Beliung, Warga Denpasar Perbaiki Rumah


Denpasar : Setelah diterjang angin puting beliung, warga yang melanda Kota Denpasar Selatan, Bali, mulai berbenah. Mereka memperbaiki rumah mereka yang rusak. Sekitar 400 unit rumah rusak akibat kejadian itu.

Aparat Pemerintah Kota Denpasar yang turun ke lokasi pun sibuk mendata jumlah bangunan yang rusak dan menaksir nilai kerugian sejumlah bangunan milik warga. Sekitar 400 unit rumah terkena dampak angin puting beliung yang melanda kawasan Denpasar Selatan tersebut.

Peristiwa dahsyatnya angin puting beliung Rabu 11 Desember 2013 kemarin itu sempat terekam video amatir warga. Gumpalan awan hitam terlihat berada di atas jalan Pulau Moyo, Denpasar Selatan. Tak lama berselang, awan hitam beserta hujan dan angin kencang menimbulkan pusaran angin puting beliung.

Kuatnya angin menerbangkan sejumlah benda terutama atap rumah warga yang terbuat dari seng. Sejumlah atap bangunan porak-poranda diterjang angin puting beliung tersebut. Selain atap bangunan dan plafon rumah milik warga, angin juga merusak sejumlah sanggah atau bangunan suci Hindu milik warga.

Tak ada korban jiwa akibat terjangan puting beliung ini, tapi kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.



sumber : liputan6
Share this article :

Pengunjung Blog Ini:


Recent Post

Popular Posts

Top News

Wanita Ini Kritis setelah Lawan Penjambret di Seminyak

Korban pejambretan dirawat intensif di IGD RSUP Sanglah, Sabtu (24/12/2016). DENPASAR - Tangis Eris dan keluarganya tak mampu lagi ter...

The Others News

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kuta Selatan - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen